Advertisement

Latest News

Apa itu Hepatitis B ?

By msdani -

Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) yang menginfeksi hati hominoidae, termasuk manusia, dan menyebabkan peradangan yang disebut hepatitis. Awalnya dikenal sebagai "serum hepatitis", penyakit tersebut telah menyebabkan epidemi di Asia dan Afrika, dan itu adalah endemik di Cina. Sekitar sepertiga dari populasi dunia, lebih dari 2 miliar orang, telah terinfeksi dengan virus hepatitis B. Penularan virus hepatitis B hasil dari paparan infeksi darah atau cairan tubuh yang mengandung darah.

Pada 2004, ada 350 juta orang yang terinfeksi HBV di seluruh dunia. Nasional dan regional prevalensi berkisar dari lebih dari 10% di Asia untuk di bawah 0,5% di Amerika Serikat dan Eropa Utara. Rute infeksi termasuk transmisi vertikal (seperti melalui melahirkan), transmisi kehidupan awal horisontal (gigitan, lesi, dan kebiasaan sanitasi), dan transmisi horisontal dewasa (kontak seksual, penggunaan obat intravena).

Metode utama transmisi mencerminkan prevalensi infeksi HBV kronis di daerah tertentu. Di daerah prevalensi rendah seperti benua Amerika Serikat dan Eropa Barat, injeksi penyalahgunaan narkoba dan hubungan seks tanpa kondom adalah metode utama, meskipun faktor-faktor lain juga mungkin penting.

Di daerah prevalensi yang moderat, yang meliputi Eropa Timur, Rusia, dan Jepang, di mana 2-7% dari populasi terinfeksi secara kronis, penyakit ini terutama tersebar di antara anak-anak. Di daerah prevalensi tinggi seperti China dan Asia Tenggara, transmisi selama melahirkan yang paling umum, walaupun di daerah lain endemisitas tinggi, seperti Afrika, transmisi selama masa kanak-kanak merupakan faktor yang signifikan. Prevalensi infeksi HBV kronis di daerah endemisitas tinggi minimal 8%.

Penyakit akut menyebabkan peradangan hati, muntah, penyakit kuning dan tidak jarang menyebabkan kematian. Hepatitis B kronis pada akhirnya dapat menyebabkan sirosis hati dan kanker hati-penyakit yang fatal dengan respon yang sangat miskin untuk kemoterapi saat ini. Infeksi ini dapat dicegah dengan vaksinasi.

Virus hepatitis B adalah Hepadnavirus-''hepa''dari''hepatotrophic''dan''''dna karena itu adalah virus DNA partikel virus, (virion) terdiri dari sebuah amplop lipid luar dan inti nukleokapsid icosahedral terdiri dari protein. Nukleokapsid yang membungkus DNA virus dan DNA polimerase yang memiliki aktivitas reverse transcriptase. Pada amplop luar mengandung protein tertanam yang terlibat dalam mengikat virus, dan masuk ke dalam, sel-sel rentan. Virus ini salah satu virus yang terbungkus hewan terkecil dengan diameter virion dari 42 nm, tetapi bentuk-bentuk pleomorfik ada, termasuk badan-badan berserabut dan bola kurang inti. Partikel-partikel ini tidak menular dan terdiri dari lipid dan protein yang merupakan bagian dari permukaan virion, yang disebut antigen permukaan (HBsAg), dan diproduksi secara berlebih selama siklus hidup virus.

Ini mikrograf transmisi elektron (TEM) mengungkapkan adanya hepatitis B virion. Para virion bulat besar dikenal sebagai partikel Dane. Gambar : CDC / Dr Erskine Palmer

Catatan paling awal dari epidemi yang disebabkan oleh virus hepatitis B dibuat oleh Lurman pada 1885. Wabah cacar terjadi di Bremen pada 1883 dan 1.289 karyawan galangan kapal yang divaksinasi dengan limfe dari orang lain. Setelah beberapa minggu, dan sampai delapan bulan kemudian, 191 pekerja divaksinasi menjadi sakit dengan penyakit kuning dan didiagnosis menderita hepatitis serum. Karyawan lain yang telah diinokulasi dengan batch yang berbeda dari getah bening tetap sehat.

Lurman kertas, yang sekarang dianggap sebagai contoh klasik dari studi epidemiologi, membuktikan bahwa getah bening terkontaminasi adalah sumber wabah. Kemudian, wabah serupa banyak dilaporkan setelah pengenalan, pada 1909, jarum suntik yang digunakan, dan yang lebih penting digunakan kembali, untuk mengelola Salvarsan untuk pengobatan sifilis. Virus itu tidak ditemukan sampai tahun 1965 ketika Baruch Blumberg, kemudian bekerja di Institut Kesehatan Nasional (NIH), menemukan antigen Australia (kemudian dikenal sebagai hepatitis B antigen permukaan, atau HBsAg) dalam darah orang-orang asli Australia. Meskipun virus telah dicurigai sejak penelitian yang dipublikasikan oleh MacCallum pada tahun 1947, DS Dane dan orang lain menemukan partikel virus pada tahun 1970 oleh mikroskop elektron. Pada awal 1980-an genom virus telah diurutkan, dan vaksin pertama sedang diuji.

Genom
Genom HBV adalah terbuat dari DNA melingkar, tetapi tidak biasa karena DNA tidak sepenuhnya beruntai ganda. Salah satu ujung untai panjang penuh ini terkait dengan polimerase DNA virus. Genom 3020-3320 nukleotida panjang (untuk untai panjang penuh) dan 1700-2800 nukleotida panjang (untuk jangka pendek-untai panjang). Arti negatif-, (non-coding), adalah melengkapi mRNA virus. DNA virus ditemukan dalam inti segera setelah infeksi sel. Sebagian DNA beruntai ganda yang diberikan penuh beruntai ganda dengan selesainya untai sense (+) dan penghapusan sebuah molekul protein dari (-) akal dan urutan untai pendek RNA dari untai sense (+). Basis non-coding dihapus dari ujung (-) untai sense dan ujung-ujungnya bergabung. Ada empat gen yang dikode oleh genom dikenal, yang disebut C, X, P, dan S. protein inti adalah dikodekan oleh gen C (HBcAg), dan kodon start adalah didahului dengan hulu di-frame Agustus kodon mulai dari mana protein pra-inti diproduksi. HBeAg dihasilkan oleh proses proteolitik dari protein pra-inti. Polimerase DNA dikodekan oleh gen P. Gene S adalah gen yang mengkode antigen permukaan (HBsAg). Gen HBsAg satu frame membaca long terbuka tetapi berisi tiga dalam bingkai "mulai" (ATG) kodon gen yang membagi menjadi tiga bagian, pra-S1, pra-S2, dan S. Karena kodon mulai beberapa, polipeptida dari tiga ukuran yang berbeda yang disebut besar, menengah, dan kecil (pra-S1-S2 + pra + S, pra-S2 + S, atau S) yang dihasilkan. Fungsi dari protein dikodekan oleh gen X adalah tidak sepenuhnya dipahami.

Replikasi
Siklus hidup dari virus hepatitis B adalah kompleks. Hepatitis B adalah salah satu dari beberapa yang dikenal non-retroviral virus yang menggunakan reverse transkripsi sebagai bagian dari proses replikasi. Virus keuntungan masuk ke sel dengan mengikat ke reseptor yang tidak diketahui pada permukaan sel dan masuk dengan endositosis. Karena virus mengalikan melalui RNA dibuat oleh enzim inang, DNA genom virus harus ditransfer ke inti sel dengan protein inang yang disebut pendamping. DNA beruntai virus sebagian ganda ini kemudian dibuat sepenuhnya double stranded dan diubah menjadi DNA sirkular kovalen tertutup (cccDNA) yang berfungsi sebagai template untuk transkripsi mRNA virus empat. MRNA terbesar, (yang lebih panjang dari genom virus), digunakan untuk membuat salinan baru dari genom dan untuk membuat protein inti kapsid dan DNA polimerase virus. Keempat transkrip virus mengalami pengolahan tambahan dan pergi untuk membentuk virion progeni yang dilepaskan dari sel atau kembali ke inti dan didaur ulang untuk menghasilkan salinan bahkan lebih. MRNA panjang kemudian diangkut kembali ke sitoplasma mana protein virion P mensintesis DNA melalui aktivitas reverse transcriptase nya.

Serotipe
Virus ini dibagi menjadi empat serotipe utama (adr, adw, ayr, ayw) epitop antigenik berdasarkan disajikan pada protein amplop, dan menjadi delapan genotipe (AH) menurut variasi urutan nukleotida keseluruhan genom. Genotipe memiliki distribusi geografis yang berbeda dan digunakan dalam melacak evolusi dan penularan virus. Perbedaan antara genotipe mempengaruhi keparahan penyakit, kursus dan kemungkinan komplikasi, dan respon terhadap pengobatan dan kemungkinan vaksinasi.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang bahaya hepatitis khususnya hepatitis B, dan masih ada lagi beberapa jenis penyakit hepatitis yang juga sangat berbahaya yaitu hepatitis A dan hepatitis C, selain itu Hepatitis D dan E juga penting untuk diperhatikan. Semoga dengan adanya artikel diatas maka pengetahuan kita tentang penyakit hepatitis dapat bertambah dan kita akan lebih bisa menjaga kesehatan.

Sumber : www.news-medical.net

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Apa itu Hepatitis B ?"

Leave a Reply

Advertisement