Advertisement

Latest News

Ayo Kenali Gejala Serangan Jantung

By msdani -

Yang pertama-tama harus dilakukan adalah tanyai dokter Anda tentang risiko Anda terhadap serangan jantung yang menyebabkan terjadinya sakit jantung dan bagaimana mengurangi risiko ini.

Berbagilah informasi ini dengan para anggota keluarga dan pengurus Anda sehingga mereka belajar mengenali gejala serangan jantung dan kapan membantu Anda mencari pengobatan darurat.

Jika Anda mempunyai salah satu dari gejala yang diuraikan di bawah ini yang berlangsung selama lebih dari 5 menit, CARILAH PENGOBATAN DARURAT TANPA DITUNDA. Gejala-gejala ini bisa merupakan tanda-tanda serangan jantung dan pengobatan.


Gejala serangan jantung mencakup :
  • Nyeri dada atau rasa tak enak di bagian tengah dada; perasaan "tertekan," "berat" atau "remuk" yang berlangsung selama tak lebih dari beberapa menit atau berlalu hilang dan kembali.
  • Rasa sakit atau tak nyaman di bagian-bagian lain pada bagian tubuh atas, termasuk lengan, bahu, leher, rahang, atau perut.
  • Sulit bernapas, sesak napas
  • Berkeringat atau "keringat dingin"
  • Rasa kembung, salah cerna, atau perasaan tersedak(mungkin terasa seperti “rasa panas dalam lambung”)
  • Mual atau muntah
  • Sangat lemah atau gelisah
  • Detak jantung yang cepat atau tak teratur 
Jangan tunggu sampai gejala-gejala Anda "menghilang". Pengenalan dan pengobatan dini gejala-gejala serangan jantung dapat mengurangi risiko kerusakan jantung dan memungkinkan pengobatan untuk segera dimulai. Bahkan jika Anda tidak yakin bahwa gejala-gejala Anda merupakan gejala serangan jantung, Anda masih harus dievaluasi.Beberapa orang mempunyai serangan jantung tanpa mempunyai gejala apapun (Myocardial Infarction "diam" Myocardial Infarction). MI diam dapat terjadi di antara semua pasien, walaupun lebih umum di antara penderita diabetes. Jika Anda mempunyai MI diam, serangan jantung Anda mungkin dapat didiagnosa sewaktu pemeriksaan rutin dokter.


The first symptoms start the clock
Pada tanda-tanda pertama serangan jantung, panggil pengobatan darurat.

Waktu terbaik untuk mengobati serangan jantung adalah di antara satu sampai dua jam pertama dari pertama kali timbulnya gejala. Studi memperlihatkan bahwa orang yang mempunyai gejala serangan jantung sering menunda, atau menunggu untuk mencari pengobatan, selama lebih dari tujuh jam.

Mereka yang menunda cenderung adalah orang tua, wanita, dan yang mempunyai sejarah angina, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Jangan menunggu :
Tindakan cepat dapat menyelamatkan nyawa - termasuk nyawa Anda sendiri


Alasan-alasan orang menunda :
  • Mereka adalah orang muda dan tidak dapat percaya ini terjadi pada mereka
  • Gejala-gejala tidak seperti yang diharapkan
  • Mereka mungkin menyangkal gejala-gejala ini serius dan menunggu sampai gejala hilang
  • Mereka mungkin meminta nasehat dari orang lain, terutama anggota keluarga
  • Mereka mungkin pertama kali mencoba mengobati gejala sendiri, dengan menggunakan aspirin atau antasida
  • Mereka mungkin berpikir gejala-gejala ini berkaitan dengan masalah kesehatan lain (sakit perut, arthritis)
  • Mereka mungkin mengutamakan mengurus orang lain (pertama-tama mengurus anak atau anggota keluarga lain) dan tidak ingin menguatirkan mereka.
Menunggu hanya dua jam untuk pertolongan medis mungkin akan membatasi pilihan pengobatan Anda, meningkatkan jumlah kerusakan otot jantung, dan mengurangi kesempatan untuk selamat.


Ketahuilah sebelumnya :
  • Gejala-gejala serangan jantung.
  • Siapa yang harus dipanggil untuk bantuan darurat. Jangan memanggil teman atau anggota keluarga. Panggil ambulans untuk membawa Anda ke UGD terdekat. 
Obati semua rasa tak nyaman di dada seperti angina atau serangan jantung, kecuali jika dokter Anda telah memberitahu anda secara lain.

Pengobatan (obat-obatan, bedah jantung terbuka dan prosedur intervensi) tidak mengobati penyakit arteri koroner. Pernah mendapat serangan jantung atau pengobatan tidak berarti anda tidak akan pernah mendapat serangan jantung lagi; serangan jantung DAPAT terjadi lagi. Untuk itu mengetahui gejala-gejala serangan jantung serta tindakan awal yang harus dilakukan apabila terjadi serangan jantung adalah suatu tindakan bijaksana untuk menyelamatkan jiwa kita.

Sumber

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

3 komentar for "Ayo Kenali Gejala Serangan Jantung"

  1. visiting u back from www.texas-sweetie.blogspot.com

  2. duh serem juga ya. saya sesekali merasakan gejala2nya. kata dokter saya memang ada sedikit kelainan jantung bawaan lahir. semoga gak makin parah. :(

  3. Jaga kesehatan jantung itu perlu, jangan memperbanyak kafein (kopi dan teh manis)

Leave a Reply

Advertisement